NewsLangkah Agar Covid-19 Tidak Memberi Efek Negatif Terhadap Kesehatan Mental

Langkah Agar Covid-19 Tidak Memberi Efek Negatif Terhadap Kesehatan Mental

- Advertisement -

Dr Amir Khan, seorang dokter di National Health Service (NHS), program layanan kesehatan masyarakat di Britania Raya dan dosen senior universitas di Inggris dalam tulisannya yang dipublikasikan aljazeera.com mengatakan, langkah-langkah yang dapat kita ambil untuk mengurangi kemungkinan COVID-19 memiliki efek yang merugikan pada kesehatan mental kita adalah :

1. Membatasi Asupan Berita

Kita semua ingin mendapatkan yang terbaru, tetapi Anda perlu downtime – terutama dari apa yang sedang terjadi di sana sekarang.

Batasi waktu yang Anda habiskan di media sosial dan outlet berita. Ini akan memberi Anda ruang mental untuk hal-hal lain. Tapi ketatlah dengan dirimu sendiri; ini tidak akan mudah. Bisukan kata kunci di media sosial jika perlu.

2. Lakukan olahraga

Olahraga telah lama terbukti memiliki efek menguntungkan pada kesehatan mental, dan sekarang tidak berbeda.

Bahkan jika Anda dikurung di rumah, Anda masih bisa berjalan-jalan di sekitar taman, naik turun tangga atau bahkan melakukan “chairobics” – latihan untuk orang yang kurang bergerak yang bisa dilakukan sambil duduk di kursi – dengan musik favorit Anda.

3. Mencari Udara Segar

Berada di luar rumah memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi semakin sering digunakan untuk membantu mengelola kecemasan dan gangguan mood.

Jika masih dapat diakses, hutan dan taman terbuka adalah di antara sedikit tempat di mana peluang untuk menangkap virus corona rendah, jadi, jika Anda bisa, temukan waktu ketika itu cenderung kurang ramai dan berjalan-jalan. Dan cobalah untuk tidak melihat telepon Anda.

4. Jatah Waktu Khawatir

Jika Anda jatuh ke dalam kebiasaan yang berulang karena Anda khawatir tentang coronavirus, batasi berapa kali Anda dapat mencuci tangan atau membersihkan permukaan. Batasi “waktu khawatir” Anda di atas COVID-19 hingga jam tertentu setiap hari dan kemudian cobalah untuk tidak memikirkannya selama sisa hari itu.

Yang terpenting, terus mengingatkan diri sendiri bahwa kebanyakan orang yang mendapatkan COVID-19 hanya akan memiliki gejala ringan dan akan pulih sepenuhnya. (*/)

Special Report

exclusive

Bacaan Lainnya

untuk kamu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Bisnis Lokal

promosi 100% gratis!

client-image
client-image
client-image
client-image
client-image
client-image
- Advertisement -